Literature Review : Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit

Authors

  • Henrianto Karolus Siregar Dosen STIKes RS Husada Jakarta
  • Lipin Lipin Program Studi S1 Administrasi Kesehatan STIKes RS Husada Jakarta, Jakarta Pusat
  • Apriliana Pipin Program Studi S1 Administrasi Kesehatan STIKes RS Husada Jakarta, Jakarta Pusat

DOI:

https://doi.org/10.33377/jkh.v5i2.107

Keywords:

Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan, Rawat Inap, Rumah Sakit

Abstract

Pelayanan kesehatan mempunyai peranan yang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang membutuhkan perawatan yang berkualitas sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Kualitas pelayanan kesehatan biasanya mengacu pada kemampuan rumah sakit melakukan standarisasi pelayanan keperawatan yang sesuai dengan wewenang dan fungsi rumah sakit. Tinjauan Literature Review ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan. Pencarian Literature Review melalui Google Scholar, EBSCO, Springer Link, Elsevier, Sage database menggunakan kata kunci : factors, patient satisfaction, quality of health services. Jurnal yang diambil memiliki jangkauan dari 2015 hingga 2021, yang kemudian ditelaah sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan oleh penulis. Hasil Literature Review menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi efektif, dimensi efisien, dimensi akses, dimensi patient centered, dimensi adil, dan dimensi aman. Kesimpulan Literature Review ini adalah terdapat pengaruh kepuasan pasien rawat inapt terhadap mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit.

Pelayanan kesehatan mempunyai peranan yang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang membutuhkan perawatan yang berkualitas sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Kualitas pelayanan kesehatan biasanya mengacu pada kemampuan rumah sakit melakukan standarisasi pelayanan keperawatan yang sesuai dengan wewenang dan fungsi rumah sakit. Tinjauan Literature Review ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan. Pencarian Literature Review melalui Google Scholar, EBSCO, Springer Link, Elsevier, Sage database menggunakan kata kunci : factors, patient satisfaction, quality of health services. Jurnal yang diambil memiliki jangkauan dari 2015 hingga 2021, yang kemudian ditelaah sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan oleh penulis. Hasil Literature Review menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi efektif, dimensi efisien, dimensi akses, dimensi patient centered, dimensi adil, dan dimensi aman. Kesimpulan Literature Review ini adalah terdapat pengaruh kepuasan pasien rawat inapt terhadap mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit.

Pelayanan kesehatan mempunyai peranan yang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang membutuhkan perawatan yang berkualitas sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Kualitas pelayanan kesehatan biasanya mengacu pada kemampuan rumah sakit melakukan standarisasi pelayanan keperawatan yang sesuai dengan wewenang dan fungsi rumah sakit. Tinjauan Literature Review ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan. Pencarian Literature Review melalui Google Scholar, EBSCO, Springer Link, Elsevier, Sage database menggunakan kata kunci : factors, patient satisfaction, quality of health services. Jurnal yang diambil memiliki jangkauan dari 2015 hingga 2021, yang kemudian ditelaah sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan oleh penulis. Hasil Literature Review menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi efektif, dimensi efisien, dimensi akses, dimensi patient centered, dimensi adil, dan dimensi aman. Kesimpulan Literature Review ini adalah terdapat pengaruh kepuasan pasien rawat inapt terhadap mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit.

Pelayanan kesehatan mempunyai peranan yang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang membutuhkan perawatan yang berkualitas sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Kualitas pelayanan kesehatan biasanya mengacu pada kemampuan rumah sakit melakukan standarisasi pelayanan keperawatan yang sesuai dengan wewenang dan fungsi rumah sakit. Tinjauan Literature Review ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan. Pencarian Literature Review melalui Google Scholar, EBSCO, Springer Link, Elsevier, Sage database menggunakan kata kunci : factors, patient satisfaction, quality of health services. Jurnal yang diambil memiliki jangkauan dari 2015 hingga 2021, yang kemudian ditelaah sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan oleh penulis. Hasil Literature Review menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi efektif, dimensi efisien, dimensi akses, dimensi patient centered, dimensi adil, dan dimensi aman. Kesimpulan Literature Review ini adalah terdapat pengaruh kepuasan pasien rawat inapt terhadap mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit.

Pelayanan kesehatan mempunyai peranan yang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang membutuhkan perawatan yang berkualitas sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Kualitas pelayanan kesehatan biasanya mengacu pada kemampuan rumah sakit melakukan standarisasi pelayanan keperawatan yang sesuai dengan wewenang dan fungsi rumah sakit. Tinjauan Literature Review ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan. Pencarian Literature Review melalui Google Scholar, EBSCO, Springer Link, Elsevier, Sage database menggunakan kata kunci : factors, patient satisfaction, quality of health services. Jurnal yang diambil memiliki jangkauan dari 2015 hingga 2021, yang kemudian ditelaah sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan oleh penulis. Hasil Literature Review menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi efektif, dimensi efisien, dimensi akses, dimensi patient centered, dimensi adil, dan dimensi aman. Kesimpulan Literature Review ini adalah terdapat pengaruh kepuasan pasien rawat inapt terhadap mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit.

Pelayanan kesehatan mempunyai peranan yang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang membutuhkan perawatan yang berkualitas sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Kualitas pelayanan kesehatan biasanya mengacu pada kemampuan rumah sakit melakukan standarisasi pelayanan keperawatan yang sesuai dengan wewenang dan fungsi rumah sakit. Tinjauan Literature Review ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan. Pencarian Literature Review melalui Google Scholar, EBSCO, Springer Link, Elsevier, Sage database menggunakan kata kunci : factors, patient satisfaction, quality of health services. Jurnal yang diambil memiliki jangkauan dari 2015 hingga 2021, yang kemudian ditelaah sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan oleh penulis. Hasil Literature Review menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi efektif, dimensi efisien, dimensi akses, dimensi patient centered, dimensi adil, dan dimensi aman. Kesimpulan Literature Review ini adalah terdapat pengaruh kepuasan pasien rawat inapt terhadap mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit.

Pelayanan kesehatan mempunyai peranan yang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang membutuhkan perawatan yang berkualitas sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Kualitas pelayanan kesehatan biasanya mengacu pada kemampuan rumah sakit melakukan standarisasi pelayanan keperawatan yang sesuai dengan wewenang dan fungsi rumah sakit. Tinjauan Literature Review ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan. Pencarian Literature Review melalui Google Scholar, EBSCO, Springer Link, Elsevier, Sage database menggunakan kata kunci : factors, patient satisfaction, quality of health services. Jurnal yang diambil memiliki jangkauan dari 2015 hingga 2021, yang kemudian ditelaah sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan oleh penulis. Hasil Literature Review menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi efektif, dimensi efisien, dimensi akses, dimensi patient centered, dimensi adil, dan dimensi aman. Kesimpulan Literature Review ini adalah terdapat pengaruh kepuasan pasien rawat inapt terhadap mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit.

Pelayanan kesehatan mempunyai peranan yang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang membutuhkan perawatan yang berkualitas sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Kualitas pelayanan kesehatan biasanya mengacu pada kemampuan rumah sakit melakukan standarisasi pelayanan keperawatan yang sesuai dengan wewenang dan fungsi rumah sakit. Tinjauan Literature Review ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan. Pencarian Literature Review melalui Google Scholar, EBSCO, Springer Link, Elsevier, Sage database menggunakan kata kunci : factors, patient satisfaction, quality of health services. Jurnal yang diambil memiliki jangkauan dari 2015 hingga 2021, yang kemudian ditelaah sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan oleh penulis. Hasil Literature Review menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi efektif, dimensi efisien, dimensi akses, dimensi patient centered, dimensi adil, dan dimensi aman. Kesimpulan Literature Review ini adalah terdapat pengaruh kepuasan pasien rawat inapt terhadap mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit.

Pelayanan kesehatan mempunyai peranan yang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang membutuhkan perawatan yang berkualitas sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Kualitas pelayanan kesehatan biasanya mengacu pada kemampuan rumah sakit melakukan standarisasi pelayanan keperawatan yang sesuai dengan wewenang dan fungsi rumah sakit. Tinjauan Literature Review ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan. Pencarian Literature Review melalui Google Scholar, EBSCO, Springer Link, Elsevier, Sage database menggunakan kata kunci : factors, patient satisfaction, quality of health services. Jurnal yang diambil memiliki jangkauan dari 2015 hingga 2021, yang kemudian ditelaah sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan oleh penulis. Hasil Literature Review menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi efektif, dimensi efisien, dimensi akses, dimensi patient centered, dimensi adil, dan dimensi aman. Kesimpulan Literature Review ini adalah terdapat pengaruh kepuasan pasien rawat inapt terhadap mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit.

References

Astuti, & Kustiyah, E. (2014). Analisis kepuasan pasien rawat inap atas pelayanan rumah sakit umum kabupaten sragen. GEMA Th. XXVI, 1356-1371.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI.
Efendi, R., Arifin, A., & Darmawansyah. (2013). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar. naskah publikasi, 1-12.
Hariyati, T (2014). Perencanaan, pengembangan dan utilisasi tenaga keperawatan. Jakarta: Rajawali Press.
Idris, H. (2016). Ekuitas terhadap akses pelayanan kesehatan: teori & aplikasi dalam penelitian. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 73-80.
Iqbal, M. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang Lubuk Pakam. Medan : FKM Universitas Sumatera Utara.
Kaporina, A., Setyawan, M. H., & Novitasari, A. (2013). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Instalasi Rawat Inap Ruang B2 THT & Kulit Kelamin RSUP Dr. Kariadi Semarang. Prosiding Konferensi Nasional Ppni Jawa TengaH 2013, 247-252.

Kementrian Kesehatan RI. 2019. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Permenkes no 4 Tahun 2008 Tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien.
Lumbantoruan, E.M. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pelabuhan Medan (Prima Husada Cipta). Medan : FKM Universitas Sumatera Utara.
Murti, A., et al (2014). Patient Satisfaction and Consumer Behavioural Intentions: An Outcome of Service Quality in Health Care Services. doi.org/10.1177/0972063413516230
Nepe, L., Mudayati, S., & Susmini. (2017). Hubungsn Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Nursing News, 2, 503-513.
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Ochir, O.C (2016). The Perceived Quality Of Healthcare Service And Patients' Satisfaction In District Hospitals, Ulaanbaatar City, Mongolia.
Parhusip, D.H. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit dalam Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam Bukit Barisan Medan. (Tesis) Medan: Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat USU.
Pisu, H. D., Rompas, S., & Malara, R. (2015). Hubungan Respons Time Perawat dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat darurat RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. e-Jurnal keperawatan, 1-6.
Selanno, R. A. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Labuang Baji. Makassar : Universitas Hasanuddin.
Silalahi, J.Y. (2019). Analisis Mutu Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii Di Rumah Sakit Advent Medan. FKM Institut Kesehatan Helvetia Medan.
Sulistyo, P. B. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten. Surakarta: Stikes Kusuma Husada.
Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.
Thomas L. Bake & Steven A. Taylor (2015). The Role of Patient Satisfaction And Service Quality in the Formation of Customers’ Purchase Intentions for Health Care Services. DOI: 10.1007/978-3-319-13144-3_46.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. R. Jakarta. 2014.
Wulandari, R.C. (2018). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pengendalian Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Haji Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Published

29-07-2021

How to Cite

Siregar, H. K., Lipin, L., & Pipin, A. (2021). Literature Review : Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Holistic, 5(2), 18–30. https://doi.org/10.33377/jkh.v5i2.107