Main Article Content

Abstract

WHO pada tahun 2015 melakukan penelitian menunjukkan sekitar 1,13 miliar orang di dunia menyandang hipertensi, yang artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis hipertensi. Perawat berperan dalam menerapkan teknologi seperti pesan singkat promosi kesehatan dalam pelayanan kesehatan, untuk mencegah peningkatan angka kejadian hipertensi dalam masyarakat. Pada penderita hipertensi, tujuan dari dilakukannya literature review yaitu untuk mengetahui hasil pemanfaatan pesan singkat dalam promosi kesehatan. Metode penelusuran yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu literature review. Hasil dari pembahasan sepuluh jurnal literatur adalah penggunaan pesan singkat yang terbukti efektif untuk memantau dan mengontrol kepatuhan pengobatan pasien hipertensi dalam jarak jauh. Pesan singkat promosi kesehatan ditunjukkan untuk memantau perubahan pengendalian hipertensi yang lebih baik dan memiliki potensi kuat untuk membawa inovasi yang lebih besar dalam manajemen perawat dalam pemanfaatan layanan kesehatan.


 

Keywords

Health promotion Lowered Blood Pressure Patient with Hypertention Short Message Service

Article Details

How to Cite
Hendrita, N., Susanti, D., Hartawan, L., Khasanah, W., Hadiatma, R., Hernandha, L., Damayanti, S., & Nuraini, R. (2021). Literature Review: Pemanfaatan Pesan Singkat dalam Promosi Kesehatan pada Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan Holistic, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.33377/jkh.v5i1.86

References

  1. Bhandari, B. (2020). Intervensi pesan teks ponsel berbasis teori untuk pengendalian tekanan darah ( TEXT4BP ) di antara pasien hipertensi di Nepal : protokol studi untuk uji coba terkontrol acak yang layak. 1–8.
  2. Bobrow, K., Farmer, A. J., Springer, D., Shanyinde, M., Yu, L. M., Brennan, T., Rayner, B., Namane, M., Steyn, K., Tarassenko, L., & Levitt, N. (2016). Mobile Phone Text Messages to Support Treatment Adherence in Adults with High Blood Pressure (SMS-Text Adherence Support [StAR]): A Single-Blind, Randomized Trial. Circulation, 133(6), 592–600. https://doi.org/10.1161/CIRCULATIONAHA.115.017530
  3. Bolmsjö, B. B., Wolff, M., Nymberg, V. M., Sandberg, M., Midlöv, P., & Calling, S. (2020). Text message-based lifestyle intervention in primary care patients with hypertension: a randomized controlled pilot trial. Scandinavian Journal of Primary Health Care, 38(3), 1–8. https://doi.org/10.1080/02813432.2020.1794392
  4. Buis, L., Hirzel, L., Dawood, R. M., Dawood, K. L., Nichols, L. P., Artinian, N. T., Schwiebert, L., Yarandi, H. N., Roberson, D. N., Plegue, M. A., Mango, L. M. C., & Levy, P. D. (2017). Text messaging to improve hypertension medication adherence in african americans from primary care and emergency department settings: Results from two randomized feasibility studies. JMIR MHealth and UHealth, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.2196/mhealth.6630
  5. Hacking, D., Haricharan, H. J., Brittain, K., Lau, Y. K., Cassidy, T., & Heap, M. (2016). Hypertension health promotion via text messaging at a community health center in South Africa: A mixed methods study. JMIR MHealth and UHealth, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.2196/mhealth.4569
  6. Hemmati Maslakpak, M., & Safaie, M. (2016). A comparison between the effectiveness of short message service and reminder cards regarding medication adherence in patients with hypertension: A randomized controlled clinical trial. International Journal of Community Based Nursing and Midwifery, 4(3), 209–218.
  7. Irmawati. (2018). Jurnal Kesehatan Masyarakat J-Kesmas Jurnal Kesehatan Masyarakat. 4(1), 43–47.
  8. Kemenkes.RI. (2014). Pusdatin Hipertensi. Infodatin, Hipertensi, 1–7. https://doi.org/10.1177/109019817400200403
  9. Kementerian Kesehatan. (2015). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2015 Tentang Peta Jalan Sistem Informasi Kesehatan Tahun 2015-2019. Peta Jalan Sistem Informasi Kesehatan Tahun 2015 - 2019, 1–76. http://www.pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/lain-lain/PMK-No-97-Th-2015-ttg-Peta-Jalan-Sistem-Informasi-Kesehatan-Tahun-2015-2019.pdf
  10. Kementerian Kesehatan RI. (2019). Hipertensi Penyakit Paling Banyak Diidap Masyarakat. Kementerian Kesehatan RI. Sekretariat r Jenderal. Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun, 248.
  11. Mehta, S. J., Volpp, K. G., Troxel, A. B., Day, S. C., Lim, R., Marcus, N., Norton, L., Anderson, S., & Asch, D. A. (2019). Electronic Pill Bottles or Bidirectional Text Messaging to Improve Hypertension Medication Adherence (Way 2 Text): a Randomized Clinical Trial. Journal of General Internal Medicine, 34(11), 2397–2404. https://doi.org/10.1007/s11606-019-05241-x
  12. Pour, E. R., Aliyari, S., Farsi, Z., & Ghelich, Y. (2020). Comparing the effects of interactive and noninteractive education using short message service on treatment adherence and blood pressure among patients with hypertension. Nursing and Midwifery Studies, 9(2), 68–76. https://doi.org/10.4103/nms.nms_82_19
  13. Rehman, A. ur, Naeem, F., Abbas, S., Ashfaq, F., & Hassali, M. A. A. (2019). Utilization of short message service (SMS) in non-pharmacological management of hypertension. A pilot study in an URBAN public hospital of Multan, Pakistan. Journal of Public Health (Germany), 27(5), 561–567. https://doi.org/10.1007/s10389-018-0982-9

Most read articles by the same author(s)